Tim Ijo Royo Raih Juara Dalam Kompetisi Nasional Civil Festival Competition Part V

Tim Ijo Royo Raih Juara Dalam Kompetisi Nasional Civil Festival Competition Part V

Prestasi mambanggakan kembali ditorehkan oleh mahasiswa program studi Teknik Sipil Universitas Islam Balitar (UNISBA Blitar) dalam ajang perlombaan tingkat nasional Civil Festival Competition Part V 2023. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Samudera, Kota Langsa, Provinsi Aceh pada 23 sampai 26 Oktober 2023. Sebanyak 152 kontingen mengikuti kejuaraan ini secara daring untuk menunjukkan karya terbaik mereka, salah satunya UNISBA Blitar.

Kontingen UNISBA Blitar diwakili oleh “Tim Ijo Royo” yang beranggotakan dua mahasiswa Teknik Sipil yaitu Wahyu Asmaul Rofiq dan Abdul Baihaqi. Disana mereka bersanding dengan perwakilan tim dari berbagai perguruan tinggi terkemuka se-Indonesia.

Lewat kategori Wco House Design Competition, Tim Ijo Royo menunjukkan inovasi terbaiknya yang mereka namai dengan Bangunan Ramah Lingkungan Sebagai Inovasi Kreatif Untuk Konstruksi. Berkat inovasi tersebut, Tim kontingen UNISBA Blitar berhasil mengalahkan kontestan lain dan mampu meraih juara 2 dalam kategori ini dengan raihan poin sebanyak 80,22. Selisih tipis dengan tim Ijo Royo, kontingen Universitas Indonesia yang diwakili oleh Tim Ecovision berhasil menduduki juara pertama dengan raihan poin 80,34. Sementara itu, tim Universitas Samudera selaku tuan rumah meraih juara ketiga dengan mengantongi poin sebanyak 77, 52.

“Tim Ijo Royo Prodi Teknik Sipil Unisba Blitar berhasil menyisihkan kontestan lain dari berbagai Perguruan Tinggi, baik negeri maupun swasta. Tentu hal ini merupakan suatu prestasi yang sangat prestisius dan membanggakan,” ungkap Nurjanah, ST.,M.Eng selaku Kaprodi Teknik Sipil Unisba Blitar.

Tim Ijo Royo Raih Juara Dalam Kompetisi Nasional Civil Festival Competition Part V
Foto : Desain “Bangunan Ramah Lingkungan Sebagai Inovasi Kreatif Untuk Konstruksi” karya Tim Ijo Royo

Melalui kemenangan ini, ia mengharapkan agar prestasi yang baru diraih mampu menjadi pendorong bagi seluruh mahasiswa UNISBA  Blitar khususnya Prodi Teknik Sipil agar berani berinovasi dan mengukir prestasi di tingkat nasional.

“Prestasi di ajang Civil Festival Competition Part V ini juga merupakan momen pembuktian diri bahwa mahasiswa Program Studi Teknik Sipil mampu berkiprah dalam ajang nasional, bersanding dengan perguruan tinggi terkemuka di Indonesia,” pungkasnya.

Untuk diketahui, ajang Civil Festival Competition Part V merupakan kompetisi tahunan untuk mencari inovasi baru di bidang Teknik Sipil. Disana juga diramaikan oleh berbagai perlombaan di beberapa bidang seperti bidang seni, olahraga, bidang engineering, desain grafis, serta bazar. Kegiatan ini diakhiri dengan dengan pengumuman juara dari keseluruhan perlombaan yang telah dilaksanakan.

Written by