Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) merupakan program yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan tujuan untuk mendorong mahasiswa agar senantiasa menguasai berbagai keilmuan guna memasuki dunia kerja.  Sesuai dengan Permendikbud No 3 Tahun 2020 Pasal 15 ayat 1 bentuk kegiatan pembelajarannya ialah diantaranya Program Kampus Mengajar, Magang Bersertifikat, Studi Independen Bersertifikat, Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Indonesian International Student Mobility (IISMA), Proyek Kemanusiaan, Riset atau Penelitian, Membangun Desa (KKN Tematik).

Berikut informasi lebih lanjut seputar Program MBKM 

1. PROGRAM KAMPUS MENGAJAR

Pendaftaran Kampus Mengajar Angkatan V Telah Ditutup

Infromasi selengkapnya silakan kunjungi website https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/mengajar

2. MAGANG DAN STUDI INDEPENEN BERSERTIFIKAT (MSIB)

Pembukaan Pendaftaran Telah Ditutup

Kualifikasi Mahasiswa :

  1. Mahasiswa aktif pada jenjang D2/D3/D4/S1 dengan ketentuan semester sebagai berikut:
  • D2: minimal semester 3
  • D3: minimal semester 4
  • D4 dan S1: minimal semester 5
  1. Mahasiswa berstatus aktif atau belum yudisium selama program MSIB berjalan
  2. Mahasiswa dari semua jurusan dengan akreditasi kampus apapun, dengan catatan kampus berada di bawah Kemdikbudristek.

Dokumen Pendukung 

NoNama Dokumen

Keterangan

1Curriculum Vitae (CV) terbaruPastikan CV dibuat dalam format file PDF. Tidak ada  template baku untuk dokumen ini. Mahasiswa dapat membuatnya dengan kreativitas masing-masing.
2Transkrip nilaiPastikan transkrip nilai yang diunggah adalah transkrip nilai terbaru. Jika transkrip terbaru belum tersedia, silakan gunakan transkrip terakhir, lalu perbarui dokumen melalui menu “Lengkapi Dokumen” di akun Mahasiswa ketika transkrip baru sudah ada.
3Surat Rekomendasi Perguruan TinggiPastikan Surat Rekomendasi ditandatangani oleh (Rektor/Ketua/Direktur, Wakil Rektor/Wakil Ketua/Wakil Direktur/Dekan/Wakil Dekan  atau pejabat lain sesuai ketentuan yang berlaku di masing-masing perguruan tinggi). Pastikan gunakan template Surat Rekomendasi untuk angkatan 4

(unduh template di sini)

4Surat Pernyataan Tanggungjawab Mutlak (SPTJM)Pastikan SPTJM Mahasiswa ditandatangani oleh (Rektor/Ketua/Direktur, Wakil Rektor/Wakil Ketua/Wakil Direktur/Dekan/Wakil Dekan  atau pejabat lain sesuai ketentuan yang berlaku di masing-masing perguruan tinggi). Pastikan gunakan template Surat Rekomendasi untuk angkatan 4

(unduh template disini)

5Foto atau scan dari KTP AndaPastikan hasil scan jelas dan tidak buram
6Sertifikat pengalaman organisasi (opsional)Jika ingin melampirkan beberapa sertifikat, silakan menggabungkannya menjadi satu file PDF dengan ukuran maksimal 5MB.

Informasi selengkapnya silakan kunjungi website https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/

3. PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA

Pendaftaran akan segera dibuka

Informasi selengkapnya silakan kunjungi website https://program-pmm.id/