Alami Peningkatan, UNISBA Blitar Luluskan 750 Sarjana Baru

Alami Peningkatan, UNISBA Blitar Luluskan 750 Sarjana Baru

Universitas Islam Balitar (UNISBA Blitar) baru saja melangsungkan acara Yudisium mahasiswa pada Rabu, (25/10/2023). Yudisium ini bertempat di Aula Terbuka UNISBA Blitar. Tahun ini, sebanyak 750 mahasiswa berhasil menyelesaikan studinya dari kampus UNISBA Blitar. Yudisium menjadi momentum penting yang menjadi bukti akan kerja keras dan dedikasi seorang mahasiswa selama belajar di Perguruan Tinggi.

Ir. Tri Kurniastuti M.MA selaku Wakil Rektor I mengungkapkan, melalui prosesi yudisium ini  mahasiswa telah resmi dinyatakan berhasil dalam menempuh jenjang kuliah serta berhak untuk menyandang gelar sesuai dengan fakultasnya. Lewat Surat Keputusan bernomor SK.179/SK/UNISBA/VII/2023 ini sebanyak 750 mahasiswa telah dikukuhkan untuk menjadi sarjana.

“SK.179/SK/UNISBA/VII/2023 tentang kelulusan mahasiswa program S1, fakultas teknik 47 mahasiswa, fakultas pertanian dan peternakan 67 mahasiswa, fakultas teknologi informasi 70 mahasiswa, fakultas sosial dan politik 156 mahasiswa, fakultas ekonomi 234 mahasiswa, fakultas hukum 113 mahasiswa, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan 63 mahasiswa, sehingga jumlah keseluruhan adalah 750 mahasiswa,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, beliau juga menyebut delapan nama lulusan dengan peraih Indeks Prestasi Komulatif (IPK) tertinggi pada tiap-tiap fakultas. Berikut adalah daftar nama-nama lulusan peraih IPK tertinggi :

  1. Syadan Theo Candra Fakultas Teknik prodi Teknik Elektro (IPK 3,70)
  2. Aan Dwi Ardiawan Fakultas Pertanian dan Peternakan prodi Agroteknologi (IPK 3,83)
  3. Devid Zukhomsin Fakultas Teknologi Informasi prodi Sistem Komputer (IPK 3,85)
  4. Rizky Puspita Ningrum Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik prodi Administrasi Negara (IPK 3,88)
  5. Fajar Putri Fismawati Fakultas Ekonomi prodi Manajemen (IPK 3,85)
  6. Tara Permatasari Fakultas Hukum prodi Ilmu Hukum (IPK 3,72)
  7. Rosid Humam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan prodi Pendidikan Bahasa Inggris (IPK 3,92
Alami Peningkatan, UNISBA Blitar Luluskan 750 Sarjana Baru
Foto : Rektor UNISBA Blitar Dr. H. Soebiantoro, M.Si saat menyampaikan sambutannya

Dihadapan mahasiswa, Rektor UNISBA Blitar Dr. H. Soebiantoro, M.Si berpesan agar mahasiswa tetap memegang 5 nilai sebagai pondasi selama proses pendidikan. Kelima nilai tersebut ialah mahasiswa harus berani bermimpi besar, harus mempertahankan integritas dan etika sebagai pembimbing  berbagai situasi dalam hidup, senantiasa berkolaborasi dan bekerja sama, tidak ragu untuk mengambil resiko dan selalu belajar dari pengalaman, serta selalu mengingat tanggung jawab sosial yang diemban.

“Sebagai sarjana lulusan UNISBA, jangan lupakan akar anda dan berikan kembali kepada masyarakat. Jadilah warga yang peduli, selalu aktif dalam kegiatan sosial, serta berkontribusi pada perbaikan dunia,” tuturnya.

Lebih lanjut beliau mengungkapkan, bahwa sebuah keberhasilan ditentukan oleh berbagai faktor, mulai dari kemampuan akademis, kedewasaan, attitude, kerja keras serta kemandirian. Mengingat, sebagai lulusan sarjana seorang mahasiswa pastinya mengemban amanah untuk berkontribusi di lingkungan masyarakat.

Pak Bin, sapaan akrab beliau, mengharapkan agar setelah ini para lulusan UNISBA Blitar mampu untuk berjuang dalam mencari pekerjaan atau bahkan membuka lapangan pekerjaan. Sehingga tidak akan menambah daftar antrian panjang pengangguran di Indonesia.

“Saya berharap agar mahasiswa lulusan baru sudah mendapatkan pekerjaan (intrapreneur) dalam waktu 6 bulan kedepan. Tentunya sebagai kampus entrepreneur saya juga mengharapkan agar mahasiswa dapat membuka lapangan pekerjaan sendiri sehingga tidak menambah daftar antrian panjang pengangguran di Indonesia,” pungkasnya.

Written by