UNISBA Blitar Kukuhkan 750 Wisudawan pada Wisuda Ke-XVIII

UNISBA Blitar Kukuhkan 750 Wisudawan pada Wisuda Ke-XVII

Rapat Senat Terbuka dalam rangka wisuda Universitas Islam Balitar (UNISBA Blitar) ke-XVIII telah digelar di Kampung Coklat, Kademangan pada Sabtu (18/11/3023). Pada wisuda tahun ini, sebanyak 750 wisudawan telah dikukuhkan menjadi sarjana baru.

Wisuda kali ini mengusung tema Mewujudkan Generasi Tangguh dan Profesional di Era Society 5.0 yang Dijiwai Nilai-Nilai Islami. Dalam sambutannya, Rektor UNISBA Blitar, Dr. H. Soebiantoro, M.Si mengungkapkan bahwa para wisudawan merupakan seorang inovator dan pembangun masa depan. Diharapkan  tetap menjaga integritas serta menjadi suara yang memberikan solusi yang bijak dalam menghadapi perubahan pada revolusi industri 5.0.

Sesuai dengan visi kampus sekaligus mendorong ekosistem kewirausahaan, UNISBA bergabung dengan Higher Education Innovate dengan mengikuti standar Entrepreneurial Pendidikan Tinggi yang meliputi 8 domain entrepreneurial higher education.

“Kegiatan-kegiatannya selain bekerjasama dengan entitas dunia usaha dan industri sebagaimana kami sampaikan, juga bekerjasama dengan universitas-universitas di luar negeri seperti 4 universitas di Malaysia, 1 Institut di Adelaide Australia, 3 Universitas di India, dan selalu berkolaborasi dengan Asosiasi Perguruan Tinggi Indonesia (APTISI) Jawa Timur,” ungkap Pak Bin, sapaan akrabnya.

Kepada wisudawan ia berpesan agar tak lelah untuk belajar guna menghadapi perubahan dunia. Selain itu, ia mengharapkan agar nantinya para lulusan tidak hanya tuntas menjadi sarjana saja, namun juga bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang magister bahkan doktoral.

“Kita tidak boleh berhenti, hidup ini berevolusi, kreatif, dan dinamis. Teman-teman anda, dosen, dan para karyawan dilingkungan UNISBA Blitar adalah jaringan yang akan mendukung kita dalam karier dan kehidupan,” sambungnya.

Dalam kegiatan wisuda kali ini, Ketua Yayasan Bina Citra Anak Bangsa, Hidayatur Rahman SE.,MM  mengingatkan kembali pada  seluruh wisudawan bahwa  Indonesia telah menyematkan untuk  mencapai generasi emas tahun 2045. Untuk itu taget pada 2030, kualitas SDM harus mampu bersaing. Saat ini yang menjadi  perhatian  pemerintah yakni angka stunting tinggi dan indek IQ masih kalah dengan negara tetangga.

“Hal ini menjadi PR bersama terutama untuk Rektor dan jajarannya agar waktu enam tahun ke depan harus mempu bersaing dan punya kompetensi menjadi negara maju, “ungkapnya.

Di era disrupsi,  peran pendidikan dan literasi harus terus berjalan berdampingan. Namun yang menjadi tantangan ialah minat baca masyarakat Indonesia masih rendah termasuk  dikalangan mahasiswa.  Bahkan masyarakat Indonesia   saat ini sudah terbiasa dengan lisan terutama melalui media sosial.

“Maka minat baca dan daya baca harus dibangun, asalkan kita ada kemauan, akses bacaan atau sumber belajar sekarang sangat melimpah, tinggal kita yang manfaatkannya atau tidak,” ungkapnya

Pada gelaran wisuda ke ke-XVIII  ini, UNISBA Blitar juga menghadirkan Assoc.Prof. Dr. Hj. Marissa Grace Haque, S.H.,M.Hum.,M.B.A.,M.H.,M.Si. Dalam orasi ilmiahnya  berjudul  “ “Bung Karno, Islam & 10 Pemuda dalam Dunia VUCA, 2023”.  Disini ia berpesan   para mahasiswa akan dihadapkan dengan tantangan berupa VUCA (Volality, Uncertainty, Complexity and Ambiguity) di masa kini,

“Sebagai Gen-Z anda semua menghadapi VUCA (Volality, Uncertainty, Complexity and Ambiguity) yang banyak sekali mengalami ketidakpastian sehingga kalian harus menyiapkan diri untuk itu,” ungkapnya.

Dalam acara ini, juga disebutkan nama-nama wisudawan berprestasi baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Berikut adalah daftar tujuh nama lulusan dengan peraih Indeks Prestasi Komulatif (IPK) tertinggi pada tiap-tiap fakultas:

  1. Syadan Theo Candra,S.T  Fakultas Teknik prodi Teknik Elektro (IPK 3,70)
  2. Aan Dwi Ardiawan,S.P Fakultas Pertanian dan Peternakan prodi Agroteknologi (IPK 3,83)
  3. Devid Zukhomsin,S.Kom Fakultas Teknologi Informasi prodi Sistem Komputer (IPK 3,85)
  4. Rizky Puspita Ningrum,S.Sos Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik prodi Administrasi Negara (IPK 3,88)
  5. Fajar Putri Fismawati,S.M Fakultas Ekonomi prodi Manajemen (IPK 3,85)
  6. Tara Permatasari,S.H Fakultas Hukum prodi Ilmu Hukum (IPK 3,72)
  7. Rosid Humam,S.Pd Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan prodi Pendidikan Bahasa Inggris (IPK 3,92)

Selain itu, disebutkan juga wisudawan berprestasi non akademik UNISBA Blitar 2023, ia adalah Nio Awandha Nehru, S.Pd wisudawan dari prodi Pendidikan Bahasa Inggris (FKIP) yang berprestasi mewakili Jawa Timur dalam ajang Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAP) Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

Written by