Cetak Wirausaha Muda di Era Digital, UNISBA Blitar Gandeng  Rumah BUMN Blitar

Perwujudan Tri Dharma Universitas Islam Balitar (UNISBA Blitar)  salah satunya melalui pengembangan  program kewirausahaan.  Berbagai kegiatan  dan pelatihan digelar  sebagai upaya peningkatan skill wirausaha. Kali ini bersama Rumah BUMN Blitar menggelar seminar nasional dengan tajuk “Digitalisasi Wirausaha Muda Smart Bersama Rumah BUMN Blitar Goes to Campus” yang diadakan di Aula Majapahit UNISBA  Blitar pada  Senin (27/11/2023).

Rumah BUMN merupakan wujud dari kepedulian PLN sebagai fungsi Corporate Social Responsibility.  PLN memiliki misi  sama dengan Universitas Islam Balitar untuk mewujudkan wirausaha baru, merawat dan mengembangkan UMKM di Blitar Raya.

Dalam sambutannya, Rektor UNISBA Blitar Dr. H. Soebiantoro, M.Si mengungkapkan bahwa UNISBA Blitar memiliki visi untuk menjadi perguruan tinggi unggul sebagai The Entrepreneurial University yang menjunjung tinggi nilai-nilai Islam, yang bahkan telah mengarah pada The Real Entrepreneurial University.  Sedangkan misi kampus ialah menciptakan lulusan dengan tingkat pengangguran 0% sehingga para lulusan mampu menjadi  intrapreneur dan entrepreneur.

“Misi utama kami adalah meciptakan lulusan yang zero pengangguran, menciptakan intrapreneur dan entrepreneur. Maka dari itu kerja sama antara UNISBA dan Rumah BUMN Blitar ini sangat cocok dan selaras dengan misi bersama”, tuturnya.

Rektor mengungkapkan bahwa menurut data yang diperoleh saat  acara Yudisium tahun 2023 lalu, terdapat 170 dari 750 lulusan atau yang jika dipresentasikan mencapai 22,66% mahasiswa telah berwirausaha. Selanjutnya ia menambahkan bahwa, kaum milenial dan Gen Z merupakan bagian dari bonus demografi hingga tahun 2045 kedepan.

Sulistyaningsih selaku pengelola Rumah BUMN mengungkapkan fungsi rumah BUMN ialah untuk membantu akses UKM di Indonesia melaui digital e-commerce. Selain itu, Rumah BUMN sendiri juga memiliki tugas pokoknya sebagai pusat data dan informasi serta sebagai pasar edukasi bagi masyarakat. Ia menambahkan dengan adanya enterpreneurship akan mampu mendukung terciptanya usaha-usaha kecil guna penibgkatan kesejahteraan masyarakat.

“Tujuan dari enterpreneurship adalah mendukung munculnya usaha-usaha kecil, kesejahteraan masyarakat, serta menumbuhkan semangat berinovasi”, ungkapnya.

Sementara itu, Dr. Supriyono, M.Ed selaku Wakil Rektor III mengungkapkan bahwa alasan dibalik  kolaborasi antara UNISBA Blitar dengan Rumah BUMN karena kedua institusi tersebut memiliki misi yang sama, yaitu menciptakan serta membangun wirausaha dan profesional baru.

Ia menjelaskan Seminar yang juga dibarengi dengan penandatanganan MoU ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat kedepannya.

“UNISBA Blitar dan Rumah BUMN Blitar sepakat melakukan MoU kerja sama dengan harapan ke depan sinergi yang terjalin dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat sekaligus mendorong penguatan dunia kewirausahaan di tengah arus perkembangan era society 5.0”, pungkasnya.

Written by 

Universitas Islam Balitar adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia yang berlokasi di Kota Blitar, Jawa Timur, Indonesia. Universitas Islam Balitar beralamat di Jalan Majapahit Nomor 2-4, Kelurahan Sananwetan, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur, Indonesia. Universitas Islam Balitar berdiri sejak tahun 2003 dibawah naungan Yayasan Bina Citra Anak Bangsa dengan SK Pendirian Nomor 147/D/02003 Tanggal 5 September 2003.