Bersama UNISBA Blitar, HIPMI Tutup Program YEIC dengan Kompetisi Business Plan

Bersama UNISBA Blitar, HIPMI Tutup Program YEIC dengan Kompetisi Business Plan

Universitas Islam Balitar (UNISBA Blitar) bersama Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Blitar menggelar penutupan Young Entrepreneur Intensive Class (YEIC) pada Sabtu (5/08/2023) di Aula Terbuka UNISBA Blitar. Penutupan ini juga dibarengi dengan final HIPMI National Bussiness Plan Competiton yang diikuti oleh pelajar dan mahasiswa seluruh Indonesia.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama yang sebelumnya telah dilakukan antara HIPMI Kabupaten Blitar dengan UNISBA Blitar. Minto Santoso, S.Pd.,M.Pd selaku Kepala Bagian Kewirausahaan dan Pusat Pembelajaran Kewirausahaan dan Karir UNISBA Blitar menjelaskan, mayoritas peserta dari program YEIC ini ialah mahasiswa UNISBA Blitar.

“Sebagai bentuk fasilitasi UNISBA Blitar juga mengikutsertakan para mahasiswanya di YEIC ini yang mayoritas mahasiswa kita,” jelasnya.

Lebih lanjut, dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) ini mengungkapkan, setelah melihat antusiasme peserta di angkatan pertama, untuk kedepannya program YEIC ini akan diadakan kembali untuk Batch 2 di UNISBA Blitar.

“Melihat dari antusiasmen angkatan kemarin dan dari program yang sudah berjalan ini kami melihat di angkatan kedua ini akan lebih banyak peminatnya sehingga kami akan melakukan seleksi yang lebih ketat untuk anak-anak yang masuk di YEIC untuk angkatan selanjutnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Minto menambahkan, perihal ajang HIPMI National Bussiness Plan Competition ini diikuti sebanyak 48 tim dari berbagai SMA dan perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Dari puluhan tim tersebut kemudian dilakukan penyaringan hingga didapatkan 5 besar tim dengan ide bisnis terbaik.

“Pesertanya ada dari SMA dan perguruan tinggi, karena lingkupnya nasional dan yang kemarin itu merupakan final jadi untuk teman-teman yang proposalnya sudah disetujui itu diundang ke UNISBA Blitar,” katanya.

Bersama UNISBA Blitar, HIPMI Tutup Program YEIC dengan Kompetisi Business Plan
Foto bersama para finalis HIPMI National Business Plan

Kelima peserta tersebut selanjutnya mempresentasikan proposal mereka dihadapan para juri untuk menentukan juara dalam kompetisi Bussines Plan ini. Hingga kemudian didapatkan 3 besar juara di tingkat perguruan tinggi diantaranya :

Juara 1 dari tim Universitas Negeri Yogyakarta

Juara 2 dari tim Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya

Juara 3 dari tim Universitas Indonesia

Minto mengharapkan, kedepannya event ini akan terlaksana dengan lebih semarak serta banyak peserta yang lebih antusias untuk mengembangkan ide-ide bisnis mereka.

” Jadi event semacam ini bisa lebih kita semarakkan dan sebarluaskan barangkali tidak hanya teman-teman di perguruan tinggi negeri tapi juga untuk perguruan tinggi swasta jadi nanti akan lebih banyak peserta yang ikut serta lebih banyak ide-ide bisnis yang akan dikembangkan, ” tandasnya.

Written by