Workshop Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Bahas Cara Jualan melalui WhatsApp

Workshop Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Bahas Cara Jualan melalui WhatsApp.

Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Balitar (UNISBA Blitar) menggelar kegiatan Workshop Customer Relations Management (CRM) pada Sabtu (5/08/2023) bertempat di Aula Majapahit UNISBA Blitar yanh diikuti oleh mahasiswa serta para pelaku bisnis. Dr. Endah Siswanti, SIP.,M.SW. selaku Dekan Fakultas Sosial dan Ilmu Politik UNISBA Blitar turut hadir untuk membuka workshop CRM ini.

Dalam sambutannya, Dekan FISIP UNISBA mengungkapkan workshop ini merupakan praktek dari mata kuliah Management Event yang didapatkan mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi pada semester enam serta sebagai implementasi dari visi UNISBA Blitar sebagai The Real Entrepreneurial University.

Workshop dengan tema “Strategi Ampuh Berjualan Melalui WhatsApp” ini turut mengundang Yufi Priyo Sutanto, S.T.,M.M dan Zaim Fatawi, S.Si sebagai pemateri. Pengambilan tema tersebut dilatarbelakangi banyaknya masyarakat yang memanfaatkan aplikasi WhatsApp sebagai media bisnis karena dianggap lebih efisien, simple, multifungsi dan menjangkau banyak pelanggan.

Selama kegiatan ini berlangsung, para peserta antusias untuk mengikuti dan mendengarkan paparan materi yang disampaikan oleh narasumber.

Workshop Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Bahas Cara Jualan melalui WhatsApp
Foto : Saat penyampaian materi kedua oleh Yufi Priyo Sutanto, S.T.,M.M

Pada inti kegiatan, disajikan materi motivasi untuk berbisnis yang disampaikan langsung oleh Zaim Fatawi, S.SI selaku Ketua TDA Blitar sekaligus Owner Cobek Mbok Djilah. Materi ini menjelaskan terkait cara memulai bisnis, rintangan yang dihadapi dan struggle yang harus dihadapi para pelaku bisnis saat memulai usahanya.

“Dalam berbisnis itu tidak selalu sesuai dengan planning yang kita inginkan,
siap tidak siap harus dihadapi oleh para pebisnis” ujar Zaim saat menyampaikan materi.

Pada materi kedua yang dipaparkan oleh Yufi Priyo Susanto S.T., M.M selaku dosen dan owner Edubisnis Training Center ini mengupas mengenai cara menentukan target bisnis, penguasaan fitur aplikasi WhatsApp, membangun database pelanggan, mengelola data base kontak yang dimiliki serta peningkatan rasio penjualan.

Alfina selaku Ketua Pelaksana workshop CRM mengharapkan, melalui workshop ini dapat memberikan semangat bagi para pebisinis untuk menunjukkan kemampuan yang dimilikinya dalam membangun relasi dengan pelanggannya.

“Diharapkan dengan adanya acara Workshop CRM (Customer Relations Management) peserta dapat menunjukan kemampuan yang dimiliki, memulai membangun relasi dengan costumernya dan memulai untuk mencoba sesuatu,” jelasnya

Written by