Forum Kemisan Batch Tiga Kolaborasi Smartfren Community Blitar, Bahas Tips Membuat Konten Jualan Menarik

Forum Kemisan Batch Tiga Kolaborasi Smartfren Community Blitar, Bahas Tips Membuat Konten Jualan Menarik

Forum Kemisan yang digelar oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Islam Balitar (UNISBA) Blitar bekerja sama dengan Smartfren Community Blitar telah memasuki episode terakhir. Pada batch tiga kali ini, Forum Kemisan mengangkat tema Rahasia Bikin Konten Jualan Menarik dengan menghadirkan dosen Ilmu Komunikasi UNISBA Blitar Nur Syarifa Indah, S.IP., M.Si sebagai narasumber serta Anita Reta Kusumawijayanti, S.IP., M.I.Kom yang bertindak sebagai moderator. Kegiatan yang berlangsung di Aula Majapahit UNISBA Blitar ini diikuti sebanyak 50 peserta yang berasal dari para pelaku UMKM di Blitar Raya.

Kaprodi Ilmu Administrasi Negara Eko Adi Susilo, S.E.,M.M mewakili Dekan FISIP UNISBA Blitar mengungkapkan tujuan dari diadakannya kegiatan ini untuk memperluas jaringan dan kolaborasi antara berbagai pihak, seperti mahasiswa, akademisi, dan komunitas lokal, dalam rangka mendukung pengembangan UMKM dan peningkatan kualitas konten digital. Melalui kegiatan ini, ia mengharapkan dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi perkembangan ekonomi lokal dan memperluas jaringan bagi para peserta.

“Semoga dengan digelarnya kegiatan Forum Kemisan selama tiga bulan ini dapat benar-benar memberikan berkah dan manfaat bagi teman-teman UMKM sekalian. Semoga kolaborasi yang telah terjalin bersama Smartfren ini dapat berkelanjutan kedepannya,” tambahnya.

Forum Kemisan Batch Tiga Kolaborasi Smartfren Community Blitar, Bahas Tips Membuat Konten Jualan Menarik
Foto : Sesi foto bersama pada Forum Kemisan Bersama Smartfren Community Blitar Batch 3

Sementara itu, pemateri dalam Forum Kemisan kali ini Nur Syarifa Indah menyampaikan rata-rata pengguna internet menghabiskan waktu kurang dari 10 detik untuk melihat sebuah konten. Hal ini berarti seseorang hanya memiliki beberapa detik di awal untuk memikat perhatian audiens. Lebih lanjut, dosen yang akrab disapa Bu Ifa ini memberikan tips atau cara menentukan ide untuk membuat sebuah konten, diantaranya dengan riset, pelajari video yang sedang trending, dan menggunakan metode ATM (Amati Tiru Modifikasi).

“Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menentukan ide dalam pembuatan video konten di media sosial seperti riset konten dengan melihat mana yang engagementnya paling tinggi. Selain itu, dapat kita dapat mempelajari setiap video yang sedang viral serta menggunakan metode ATM (Amati Tiru Modifikasi),” jelasnya.

Rangkaian kegiatan Forum Kemisan bersama Smartfren Community Blitar ini telah digelar tiga batch sejak Januari lalu. Di batch tiga ini, para peserta diajak untuk melakukan praktik pembuatan konten untuk produk-produknya. Selanjutnya, konten-konten terbaik akan dipilih untuk mendapatkan hadiah berupa uang pengembangan usaha dengan total Rp6.000.000.