Prodi Teknik Informatika UNISBA Blitar Gelar Kuliah Tamu Bahas Teknologi Citra Digital

Prodi Teknik Informatika UNISBA Blitar Gelar Kuliah Tamu Bahas Teknologi Citra Digital

Kuliah Tamu yang digelar oleh Program Studi Teknik Informatika (TI) Universitas Islam Balitar (UNISBA Blitar) yang bekerja sama dengan Program Studi Teknik Informatika (TI) Universitas PGRI Ronggolawe Tuban berjalan lancar dengan mengundang Fitroh Amaluddin, S.T.,M.T selaku Dosen TI Universitas PGRI Ronggolawe Tuban serta Mohammad Faried Rahmat, S.ST.,M.Trt selaku Dosen TI UNISBA Blitar.

Kuliah tamu ini berlangsung di Aula Majapahit UNISBA Blitar dengan diikuti sebanyak 35 mahasiswa yang berasal dari mahasiswa TI UNISBA Blitar dan Universitas PGRI Ronggolawe Tuban pada Selasa (16/01/2023).

Melihat perkembangan Artificial Intelegent (AI) yang kini semakin berkembang dengan pesat, menjadikan kuliah tamu kali ini mengambil tema “Tantangan dan Peluang di Masa Depan Dalam Pengembangan Teknologi Pengolahan Citra Digital”.

Dalam materinya Fitroh Amaluddin mengungkapkan Pengolahan Citra Digital merupakan proses pengolahan gambar digital melalui komputer. Menurutnya citra digital ini berguna untuk meningkatkan kualitas gambar. Selain itu pengolahan citra digital ini juga berfungsi untuk mengekstrak informasi yang berasal dari gambar.

“Jadi Digital Image Prosecing atau Pengolahan Citra Digital ini berguna untuk meningkatkan kualitas gambar dan juga mengekstrak informasi yang berasal dari gambar,” ungkap Fitroh.

Prodi Teknik Informatika UNISBA Blitar  Gelar Kuliah Tamu Bahas Teknologi Citra Digital
Foto : Mahasiswa UNISBA Blitar saat melakukan demo Mediapipe

Sementara itu, Dosen TI UNISBA Blitar Mohammad Faried Rahmat yang menjelaskan Mediapipe merupakan Framework Opensource yang dikembangkan oleh oleh Google yang memungkinkan developer untuk menyelesaikan masalah mengenai Pengolahan Citra Digital.

“Dengan dukungan dari Google, Mediapipe menawarkan pembelajaran mengenai pengolahan citra digital menjadi lebih menarik sesuai perkembangan tenologi saat ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut Faried menambahkan, Mediapipe ini telah diterapkan pada beberapa kasus nyata ialah salah satunya pada bisnis ritel dengan menggabungkan Augmented Reality dengan pemrosesan digital menggunakan Mediapipe untuk memberikan pengalaman yang lebih menarik.

Di akhir sesi kuliah tamu ini juga dilaksanakan penandatanganan Implementation Agreement antara UNISBA Blitar dengan Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.

Written by