Pengenalan Bahan Baku Unggas Jadi Topik Bahasan Pada Kuliah Tamu Ilmu Ternak Bersama USSEC

Pengenalan Bahan Baku Unggas Jadi Topik Bahasan Pada Kuliah Tamu Ilmu Ternak Bersama USSEC

Kuliah tamu yang digelar oleh program studi Ilmu Ternak Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Balitar (UNISBA Blitar) pada Selasa, (23/04/2024) mengambil tema “Pengenalan Bahan Baku Untuk Formulasi Ternak Unggas” dengan diikuti lebih dari 45 mahasiswa Ilmu Ternak. Kuliah tamu ini dihadiri oleh Ketua Yayasan Bina Citra Anak Bangsa H. Hidayaturrahman, S.E.,M.M, Direktur USSEC Indonesia Ibnu Wiyono, Wakil Rektor II M. Zainul Ikhwan, S.H.,M.H, Dekan Fakultas Pertanian dan Peternakan Dr. Yuhanin Zamrodah dan juga Kaprodi Ilmu Ternak Resti Yuliana Rahmawati, S,Pt.,M.Sc.

Dalam kesempatan ini Ketua Yayasan Bina Citra Anak Bangsa sekaligus CEO Jatinom Indah Agri, Pak Dayat sapaan akrabnya, mengungkapkan agenda kuliah tamu bersama USSEC ini merupakan penyelenggaraan yang keempat kalinya. Perjalanan panjang kerjasama antara UNISBA Blitar dengan USSEC Indonesia ini menjadi salah satu cara guna meningkatkan pengetahuan mahasiswa perihal bahan baku unggas.

“Banyak mahasiswa dari kampus-kampus luar yang paham perihal nama-nama bahan baku, namun saat mereka diminta untuk menunjukkan nama-nama bahan bakunya mereka mengalami kesulitan. Pada kesempatan ini, saya mengusulkan untuk kuliah tamu kali ini mengambil tema pengenalan bahan baku,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengharapkan, melalui agenda kuliah tamu ini dapat memberikan pengetahuan kepada mahasiswa supaya kedepannya dapat menciptakan sumber daya manusia yang unggul dalam industry peternakan.

“Harapannya semoga nanti melalui kuliah tamu ini mampu menghasilkan pengetahuan tentang bahan baku untuk ternak unggas. Semoga kerja sama yang telah berlangsung ini bisa ditingkatkan lagi, sehingga SDM yang kita hasilkan dapat memenuhi aturan industri peternakan yang telah memasuki era perubahan yang sangat signifikan saat ini,” jelasnya.

Senada dengan hal tersebut Direktur USSEC Indonesia Ibnu Wiyono mengungkapkan harapannya pada agenda kuliah tamu ini supaya mampu melahirkan lulusan mahasiswa yang memiliki kontribusi pada industri peternakan.

“Alhamdulillah USSEC bisa diberi kesempatan untuk bisa sharing mengenai industri peternakan kepada mahasiswa UNISBA Blitar, saya berharap melalui kuliah tamu ini mampu menjadikan mahasiswa dapat berkontribusi pada industri peternakan saat ini,” tuturnya.

Pengenalan Bahan Baku Unggas Jadi Topik Bahasan Pada Kuliah Tamu Ilmu Ternak Bersama USSEC
Prof Budi saat menerangkan materi di Kuliah Tamu prodi Ilmu Ternak UNISBA Blitar

Sementara itu, narasumber pada Kuliah Tamu ini, Prof. Dr. Ir. Budi Tangendjaja menjelaskan ada lima hal yang harus diperhatikan dalam penetuan pakan unggas diantaranya ialah bahan baku, quality control and measurement, formulasi, produksi pangan dan cara pemberian pakan.

Selain lima hal tersebut, Prof. Budi menekankan untuk juga memperhatikan hal-hal lain pada proses pemberian pakan pada unggas seperti cara pemberian makan, tempat makan hingga kebutuhan makan unggas.

“Selanjutnya yang berkaitan dengan pakan bagaimana cara untuk memberikan langsung pakan pada ayam, tempat makannya dimana, bagaimana kebutuhan makannya. Nah, hal-hal tersebut yang harus kalian perhatikan,” ugkap Prof. Budi.

Written by