Partisipasi UNISBA Blitar dalam Seminar Penguatan Kapasitas Pengelola Jurnal Kopertais Wilayah IV Surabaya

Partisipasi UNISBA Blitar dalam Seminar Penguatan Kapasitas Pengelola Jurnal Kopertais Wilayah IV Surabaya

Universitas Islam Balitar (UNISBA Blitar) mengirimkan satu delegasi dalam kegiatan seminar Penguatan Kapasitas Pengelola yang dilaksanakan oleh Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertais) Wilayah IV Surabaya di di GreenSA Inn UIN Sunan Ampel selama dua hari pada 20 hingga 21 Mei 2024. Delegasi UNISBA Blitar yang dikirimkan ialah Roichatul Mabruroh, M.Pd selaku dosen Fakultas Agama Islam (FAI).

Pada kegiatan ini turut diikuti oleh 85 peserta dari 85 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) Kluster Matraman dan Madura. Selama dua hari, kegiatan ini diisi dengan berbagai materi terkait pengelolaan jurnal. Kegiatan dibuka oleh Prof. Akh. Muzakki, M.Ag.,Grad.Dip.SEA.,M.Phil., Ph.D selaku Koordinator Kopertais Wilayah IV Surabaya.

Seminar menghadirkan Dr. Ari Kartiko ST,. MM., selaku Sekjen Persatuan Dosen Tarbuyah Islam Indonesia yang memberikan materi seputar Pengelolaaan Jurnal Berbasis OJS, Tugas Reviewer dan Editor Jurnal, Cara Mendapatkan Reviewer serta Cara Agar Jurnal Terindeks Sinta. Sementara itu Dr. Muhammad Anas Ma’arif, M. Pd., selaku narasumber kedua menjabarkan materi tentang Kunci Sukses Jurnal Terindeks Scopus dan Bagaimana Membuat Tulisan agar Lolos Jurnal Terindeks Scopus.

Partisipasi UNISBA Blitar dalam Seminar Penguatan Kapasitas Pengelola Jurnal Kopertais Wilayah IV Surabaya
Foto bersama para peserta seminar di GreenSA Inn UIN Sunan Ampel

Roichatul mengungkapkan kegiatan penguatan kapasitas pengelola jurnal ini juga dilaksanakan overview pengelolaan jurnal di Kopertais IV Surabaya yang menghasilkan beberapa keputusan.

“Kegiatan penguatan kapasitas pengelola jurnal ini menghasilkan keputusan diantaranya pendampingan pengelola yang akan migrasi jurnal, mengaktifkan kembali forum redaktur jurnal untuk memudahkan pengelola dalam berbagai informasi dan kolaborasi dalam pengembangan jurnal, Kopertais tidak menerima jurnal baru, hanya memfasIlitasi jurnal-jurnal lama yang masih menginduk di Kopertais,” terangnya.

Ia menuturkan kegiatan ini memberikan dampak positif bagi para pengelola jurnal untuk meningkatkan kualitas dan kredibilitas jurnal serta untuk perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia. Lebih lanjut, dosen FAI ini mengharapkan keberlanjutan terkait seminar semacam ini.

“Harapan saya semoga forum seperti ini bisa diadakan secara berkelanjutan atau rutin agar kami dapat terus mengupdate ilmu tentang pengelolaan jurnal sehingga meningkatkan branding awarness universitas,”

Written by