Dukung UKM Urus Sertifikasi Halal, UNISBA Blitar Selenggarakan Pelatihan Selama Empat Hari

Halal Center Universitas Islam Balitar (UNISBA) Blitar baru saja menggelar Pelatihan Pendamping Proses Produk Halal (PPH) yang dilaksanakan selama empat hari sejak Jum’at (10/03/2023) hingga Senin (13/03/2023).

Kegiatan Pelatihan PPH ini juga dibarengi dengan pemberian Sertifikat kepada sejumlah Usaha Mikro Kecil (UMK) yang telah mengikuti pelatihan hingga usai.

Kepala UPT Halal Center UNSIBA Maratus Solikah, M.Pd mengungkapkan selama empat hari tersebut pelatihan dilaksanakan secara hybrid, yaitu dengan metode online dan offline. Kegiatan ini turut dihadiri langsung oleh Rektor UNISBA, Dr. Soebiantoro, M.Si yang sekaligus secara simbolis menyerahkan sertifikat Halal kepada para binaan.

Lebih lanjut ia menjelaskan, kegiatan pelatihan ini diikuti sebanyak 112 peserta dengan rincian 19 Kecamatan di Kabupaten Blitar, 3 Kecamatan di Kota Blitar, serta 10 Kecamatan yang berasal dari luar kota. Ia menambahkan, peserta yang mengikuti kegiatan ini berasal dari beberapa penjuru daerah di Indonesia.

“Adapaun peserta dari luar kota yang mengikuti kegiatan pelatihan ini diantaranya dari Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo, Kediri, Nganjuk, Cirebon, Garut, Banyuwangi, dan juga dari Malang dan Pasuruan,” jelasnya.

Dalam sambutannya, dia menjelaskan bahwa Halal Center UNSIBA Blitar kini telah mendapatkan 1000 kuota ajuan Sertifikasi Halal Gratis oleh Pemerintah untuk setiap bulan. Oleh sebab itu ia mengharapkan supaya para peserta nantinya dapat turut mensukseskan program tersebut.

“Pada tahun 2023 ini mumpung kuotanya itu diberikan sangat banyak yaitu satu juta monggo dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, baik itu oleh UMK di Kabupaten atau Kota Blitar ataupun yang diluar kota dan juga oleh mitra bapak ibu pendamping nantinya,” pungkasnya.

Written by