Tampil dengan Budaya Keraton Yogyakarta, UNISBA BLITAR Pukau Penonton BEN Carnival

Sambutan meriah dari penonton nampak saat Tim Universitas Islam Balitar (UNISBA Blitar) mulai memasuki panggung kehormatan event Blitar Ethnic National (BEN) Carnival Tahun 2023 pada Sabtu, 15 Juli 2023. UNISBA Blitar tampil memukau dengan membawakan Tari Serimpi yang mengisahkan tentang Sultan Agung Hanyokrokusuma dari Kerajaan Mataram. Pakaian adat jawa yang menampilkan budaya khas keraton Yogyakarta menambah kesakralan parade. Selain itu UNISBA Blitar juga menyuguhkan penampilan lain berupa Gunungan Sekaten yang menjadi simbol kemakmuran tanah air.

Pada event nasional ini, sebanyak 28 mahasiswa diturunkan untuk memberikan penampilan terbaik sepanjang Jalan Ahmad Yani hingga Jalan Merdeka Kota Blitar. Dr. Andiwi Meifilina, M.M.,M.I.Kom selaku Ketua Panitia BEN Carnival UNISBA Blitar mengungkapkan keikutsertaan kampus dengan slogan The Real Entrepreneurial University ini menjadi salah satu cara untuk mengenalkan kampus UNISBA Blitar ke kancah nasional.

“Turut bangga karena UNISBA Blitar bisa menjadi salah satu bagian pada event nasional ini sehingga bisa memperkenalkan kampus kita ke kancah nasional,” ujarnya.

Tampil dengan Budaya Keraton Yogyakarta, UNISBA BLITAR Pukau Penonton di BEN Carnival
Foto : Tim UNISBA BLITAR dalam parade BEN Carnival 2023

Andiwi menambahkan, para mahasiswa yang tampil berasal dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tari dan Teater UNISBA Blitar. Tak hanya itu, Duta Kampus UNISBA Blitar juga menjadi bagian dari parade ini bersama Dosen dan Himaprodi Ilmu Komunikasi. Dalam event ini, peserta tidak hanya menampilkan baju adat, namun kekhasan yang dimiliki Keraton Yogyakarta.

“Untuk penampilnya ada dari UKM Tari dan UKM Teater, Duta Kampus dan Dosen sama Himaprodi ilmu komunikasi,” papar Dosen Ilmu Komunikasi ini.

BEN Carnival bertujuan untuk mengenalkan kesenian khas Nusantara sekaligus daya tarik wisatawan. Pemkot Blitar menyelenggarakan event tahunan ini sejak tahun 2022 yang lalu. Sedangkan tahun ini, BEN Carnival diselenggarakan dalam rangkaian memperingati bulan Bung Karno serta menyambut HUT ke 78 RI. Tema kegiatan BEN Carnival, “Blitar Keren Adiwarna Indonesia, Blitar Performance of Wonderful Culture” yang diikuti sebanyak 56 Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Sekolah hingga BUMN/BUMD di wilayah Kota Blitar.

Written by