Singgung Soal Pemilu 2024, Forum Kemisan FISIP Telah Masuk Episode 2

Singgung Soal Pemilu 2024, Forum Kemisan FISIP Telah Masuk Episode 2

Forum Kemisan yang digelar oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Islam Balitar (UNISBA Blitar) telah memasuki episode dua. Kegiatan yang diselenggarakan pada Kamis (28/3/2024) diikuti oleh mahasiswa dari berbagai prodi.

Mengangkat tema Transformasi Sosial, Budaya, Politik Dan Teknologi Di Era Digital dengan menghadirkan dia pemateri diantaranya Novi Catur Muspita, S.Pd., M.Si selaku Kaprodi Sosiologi dan Nasrudin S. Ag.,M.M selaku Dosen FISIP serta Jalu Sora Wicitra, S.Ap.,M.Ap sebagai Moderator.

Kaprodi Adminstrasi Negara Eko Adi Susilo, SE.,M.M dalam sambutannya menyampaikan keinginannya agar setiap himaprodi juga bisa membuat forum dan berani menunjukkan kemampuan leadershipnya.

“Kita itu menjadi barometer acara seperti ini, minimal di Blitar harus ada yang memulai”, dalam sambutannya pagi itu.

Acara berlangsung runtut dengan materi pertama diisi oleh Nasrudin yang membawakan materi perihal Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pemilu 2024. Ia membahas mengenai penggunaan aplikasi Sirekap baik dari segi kesiapan sumber daya manusia hingga lemahnya analisis terhadap teknologi yang digunakan.

“Di media-media saya belum menjumpai ada yang menganalisis terhadap hal teknis terkait pemanfaatan teknologi hasil rekapitulasi,” ungkapnya.

Materi kedua dibawakan oleh Novi Catur Muspita terkait Transformasi Sosial, Budaya, dan Politik Di Era Digital dalam Perspektif Sosiologi. Kaprodi Sosiologi UNISBA Blitar tersebut menjelaskan bagaimana individu dan struktur saling mempengaruhi satu sama lain dalam proses transformasi.

Di akhir penyampaian materinya, Novi juga menyebutkan cara penguatan moralitas masyarakat di tengah transformasi digital melalui kontrol sosial mulai dari lingkungan keluarga, edukasi, pelestarian budaya, hingga penegakan hukum yang adil.

Written by