Dua Tim Mahasiswa Teknik Elektro Ciptakan Inovasi Baru pada Lomba INOTEK 2024, Satu Diantaranya Raih Juara 3

Dua Tim Mahasiswa Teknik Elektro Ciptakan Inovasi Baru pada Lomba INOTEK 2024, Satu Diantaranya Raih Juara 3

Dua tim mahasiswa Teknik Elektro Universitas Blitar (UNISBA Blitar) mengikuti ajang Lomba Inovasi Teknologi (INOTEK) Kategori I yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Blitar pada Selasa, (30/4/2024). Ketiga mahasiswa tersebut ialah Anggityo Trisna Nugroho AG, Bayu Seyo Kurniawan, dan Faisal Hafizh Purnomo yang tercatat sebagai mahasiswa aktif Prodi Teknik Elektro UNISBA Blitar dengan dibimbing oleh Sri Widoretno, ST.,MT selaku Kaprodi Teknik Elektro, serta didukung oleh Ulva Roifatul Lailin, S.Pd., M.A.P.

Mereka menciptakan sebuah inovasi berupa Pemadam Kebakaran Otomatis Terintegrasi (PKOT) yang meraih Juara 3 pada Lomba INOTEK Kategori I Inovasi Teknologi Berbasis Website/Mobile Apss. Inovasi PKOT ini dirancang untuk memberikan respons yang cepat dan efisien dalam penanggulangan kebakaran, dengan integrasi teknologi terkini. Mereka bersaing bersama 57 peserta lainnya untuk menujukkan hasil inovasi terbaiknya.

Sementara itu, tim kedua yang berisikan Excel Wahyu Pambudi, Khozinatul Nur Efendi, Mohammad Imam Burhani, Alvin Zuhair S.Pd, M.T yang mengikuti INOTEK Kategori : III Nonekonomi dengan judul Inovasi Dispenser Otomatis untuk Penyandang Tuna Netra. Dekan Fakultas Teknik UNISBA Blitar Ahmad Yufron,S.T.,M.M dalam tanggapannya, menyatakan kebanggaannya atas pencapaian gemilang ini. Beliau mengungkapkan bahwa dua inovasi yang diciptakan ini bukan hanya sekadar kreativitas, tetapi juga menunjukkan dedikasi tinggi mahasiswa dalam menghadirkan solusi teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Dengan keberhasilan ini, kami berharap inovasi yang diciptakan oleh mahasiswa Teknik Elektro UNISBA Blitar ini dapat terus dikembangkan dan diimplementasikan secara luas, sehingga dapat memberikan kontribusi nyata dalam menjaga keselamatan masyarakat dari risiko kebakaran,” ujar Dekan Fakultas Teknik UNISBA Blitar.

Pencapaian ini juga menjadi bukti nyata bahwa UNISBA Blitar terus mendorong mahasiswanya untuk berinovasi dan mengembangkan potensi di berbagai bidang teknologi, guna menjawab tantangan zaman yang semakin kompleks. Dengan semangat inovasi yang terus berkobar, diharapkan UNISBA Blitar dapat terus menjadi lembaga pendidikan yang menghasilkan lulusan unggul dan berkontribusi nyata bagi kemajuan bangsa.

Sementara itu, Kaprodi Teknik Elektro UNISBA Blitar Sri Widoretno, S.T.,M.T mengungkapkan melalui kompetisi ini mahasiswa dapat mengasah kreativitas dan kemampuan teknis mereka dalam mengembangkan solusi-solusi inovatif yang relevan dengan kebutuhan masyarakat dan industri. Selain itu, Sri Widoretno juga berharap bahwa keberhasilan tim mahasiswa dalam partisipasi di kompetisi ini dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk turut berkontribusi dalam menghasilkan inovasi yang bermanfaat.

Senada dengan hal tersebut, Dosen Teknik Elektro Ulva Roifatul Lailin, S.Pd., M.A.P mengungkapkan keikutsertaan dalam Lomba INOTEK adalah langkah yang sangat positif bagi mahasiswa Teknik Elektro UNISBA Blitar. Melalui kompetisi ini, mahasiswa dapat belajar mengenai proses inovasi, kolaborasi tim, serta implementasi teknologi dalam menyelesaikan permasalahan nyata. Kesempatan ini juga membuka jalan bagi mahasiswa untuk memperluas jaringan, berbagi pengetahuan, dan memperoleh pengalaman berharga yang akan berguna dalam karir profesional mereka di masa depan.

Written by