Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi Buktikan Pengembangan Kualitas Prodi

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi Buktikan Pengembangan Kualitas Prodi

Program studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Islam Balitar (UNISBA Blitar) menggelar Asesmen Lapangan yang berlangsung selama tiga mulai mulai  Selasa (05/3/2024) hingga Kamis (07/3/2024) yang bertempat di Aula Majapahit UNISBA Blitar dengan turut dihadiri oleh Wakil Rektor serta para tenaga pendidik Prodi Sosiologi.

Tim asesor Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang ditugaskan pada akreditasi ini diantaranya Andreas Ambrosius Susanto, Ph.D dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta serta Prof. Dr. Damsar, M.A dari Universitas Andalas.

Wakil Rektor II UNISBA Blitar Muhammad Zainul Ikhwan, S.H.,M.H saat membuka Asesmen Lapangan ini mengungkapkan akreditasi lapangan tersebut menjadi salah satu upaya peningkatan kualitas program studi berdasarkan standar-standar yag telah ditetapkan. Ia mengharapkan, melalui asesmen lapangan ini dapat mendapatkan hasil yang lebih baik dari sebelumnya serta sesuai dengan harapan semua pihak.

“Semoga nanti hasil dari BAN-PT sesuai dengan harapan kami semua, terutama dosen dan tenaga pendidik di Prodi Sosiologi ini serta mendapatkan hasil yang lebih baik dari tahun lalu,” ungkapnya pada Rabu, (06/3/2024)

Prof. Damsar selaku asesor menjelaskan proses Asesmen Lapangan ini pada dasarnya bertujuan untuk mencocokkan data atas kenyataan yang ada di lapangan. Ia turut mengharapkan kelancaran serta hasil yang terbaik bagi Prodi Sosiologi.

“Insyaallah apa yang kita lakukan ini berjalan dengan lancar serta mendapatkan hasil yang terbaik bagi semuanya,” ujarnya.

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi Buktikan Pengembangan Kualitas Prodi
Sesi Foto Bersama dengan Tim Asesor Asesmen Lapangan

Agenda asesmen lapangan ini terbagi kedalam beberapa sesi untuk verifikasi dan validasi data dalam penilaian lapangan program studi diantaranya konfirmasi rencana pengembangan Unit Pengelola Program Studi (UPPS), sistem tata pamong, Laporan Kinerja Program Studi (LKPS). Kemudian asesmen lapangan dilanjutkan dengan sesi wawancara dengan dosen, mahasiswa, alumni, pengguna dan tendik. Rangkaian kegiatantersebut diakhiri dengan penyampaian dan penandatanganan berita acara asesmen lapangan.

Seperti diketahui, sebelumnya Prodi Sosiologi telah mendapatkan akreditasi oleh BAN-PT dengan nomor 1867/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2018. Melalui akreditasi tersebut Prodi Sosiologi berhasil memperoleh predikat Baik Sekali untuk jangka waktu 17 Juli 2018 hingga 17 Juli 2023.

Written by