Pagelaran Wisuda UNISBA Berikan Graduete Entrepreneur Award, Berikut Daftarnya

Universitas Islam Balitar (UNISBA) Blitar baru saja menggelar kegiatan Wisuda Ke XVII pada Sabtu (17/12/2022). Dalam kegiatan ini UNISBA berhasil meluluskan sejumlah 570 sarjana baru di tahun 2022 ini.

Selain kegiatan ceremonial, dalam wisuda ini Rektor juga memberikan penghargaan kepada para mahasiswa berprestasi seperti Penghargaan Kepemimpinan Mahasiswa UNISBA serta Penghargaan Wisudawan Terbaik.

Selain itu, selaras dengan slogan UNISBA yaitu “The Entrepreneurial University” yang senantiasa mendukung segala kegiatan wirausaha oleh para civitas, Rektor juga memberikan penghargaan kepada wisudawan yang berhasil mengembangakan kegiatan wirausahanya. Dr. Soebiantoro, M.Si selaku Rektor UNISBA menjelaskan, tujuannya ialah untuk membangun kemampuan wirausaha mahasiswa melalui pendidikan kewirausahaan dimasing-masing fakultas. Ia menambahkan kini setidaknya telah ada 190 kelompok wirausaha telah terbentuk.

“Kini telah ada 190 kelompok wirausaha yang telah terbentuk di Universitas Islam Balitar” ujar Pak Bin, sapaan akrab beliau.

Dalam momentum ini, ia mengungkapkan terdapat 8 wisudawan dari 8 fakultas yang terpilih untuk mendapatkan penghargaan sebagai Wirausaha Wisudawan Tahun 2022. Berikut daftar Penerima Penghargaan Wirausaha Wisudawan Tahun 2022 :
1. Priadi (Ilmu Hukum) dengan usaha Minuman sari nanas merk “SEGARRR”,
2. Rizal Dwi Hermawan (Ilmu Ternak) dengan usaha Peternakan Ayam KUB,
3. Maylla Mazayu (Agribisnis) dengan usaha Nasi Krawu Khas Gresik,
4. Dyah Fantina (Pendidikan Bahasa Inggris) dengan usaha dibidang fotografi,
5. Apip Dwi Cahyono (Manajemen) dengan usaha dibidang industri kreatif Fishing Tackle,
6. Fitri Dewi Nurfauzia (Teknik Informatika) dengan usaha Keripik DF,
7. Elsa Febiola (Ilmu Administrasi Negara) dengan usaha kue kering “HAMPERSAN”,
8. Lingga Aditya M (Teknik Sipil) dengan usaha dibidang arsitek/kontraktor “LJ Construction”.

Berkenaan dengan itu, Rektor juga turut mengucapkan terima kasih kepada wisudawan yang senantiasa turut serta membantu mewujudkan cita-cita UNISBA sebagai Kampus Wirausaha atau The Entrepreneurial University. Tak lupa Pak Bin juga mengucapkan terima kasih kepada para dosen dan dekan yang telah membimbing para mahasiswa untuk menjalankan wirausahanya.

Disisi lain, Elsa Febiola salah satu wisudawan penerima Penghargaan Wirausaha Mahasiswa UNISBA Tahun 2022 mengungkapkan rasa bahagianya atas penghargaan yang telah diberikan.

“Alhamdulillah senang sekaligus bangga atas penghargaan yg diberikan oleh kampus tercinta Universitas Islam Balitar,” ujarnya.

Elsa menuturkan, dirinya mengembangkan usaha dibidang pembuatan hampers kue kering, giftbox, hantaran dan souvenir pernikahan yang ia namai dengan merk @hampers.san. Melalui usaha ini Elsa mampu memperoleh omset rata-rata 5-10 juta perbulan.

“Omset tertinggi yg pernah saya dapatkan selama 2 bulan hingga 23 juta. Kalau perbulannya rata rata 5-10 juta,” tambahnya.

Wisudawan dari prodi Ilmu Administrasi Negara ini menjelaskan, ia berani untuk membuka usaha ini ialah karena sebelumnya telah mengantongi ilmu melalui mata kuliah Kewirausahaan serta seminar dan pelatihan kewirausahaan yang ia peroleh di dalam maupun di luar kampus. Selain itu, ia merasa mendapatkan peluang emas karena turut menjadi bagian dari mahasiswa UNISBA, yang dimana memiliki slogan “The Entrepreneurial University.”

“Motivasi terkuat dari diri saya dimulai dari 3T ini “Terbentur-Terbentur-Terbentuk”, saya pikir jikalau saya harus gagal dan jatuh maka tidak ada ruginya juga. Justru ini membuat saya bersemangat untuk tekun berwirausaha karena saya termasuk mahasiswa yang di didik mempunyai jiwa Entrepeneurship di kampus tercinta saya Universitas Islam Balitar,” ungkapnya.

Lebih lanjut Elsa mengharapkan, agar usaha yang telah ia jalankan sekarang senantiasa mendaptkan kelancaran serta memiliki banyak peminat. Selain itu untuk mahasiswa UNISBA, ia mengharpkan agar mereka tidak takut untuk memulai usaha.

“Harapan untuk mahasiswa Unisba, jangan takut untuk memulai usaha, jika tidak ada modal maka sisihkan uang jajan atau uang ngopimu untuk pelan-pelan mewujudkan mimpimu, karena saya yakin jika kamu punya niat baik dan tekad yang kuat maka akan hasilnya akan terbentuk output yang baik pula,” pungkasnya.

Written by