IKUT BERPARTISIPASI DALAM PROGRAM KAMPUS MENGAJAR, UNISBA GELAR KOORDINASI DAN SHARING

HUMAS – Kegiatan “Koordinasi dan Sharing” dilaksanakan bersama 10 mahasiswa dan 3 dosen dari berbagai program studi di Universitas Islam Balitar (UNISBA) Blitar yang lolos seleksi program Kampus Mengajar tahun ini. Acara tersebut dilaksanakan pada 6 Maret 2021 dengan bertempat di Aula Serbaguna UNISBA. 

drh. Edya Muliya, M.Si koordinator Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) UNISBA Blitar mengatakan bahwa acara ini merupakan program dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. “Program ini merupakan salah satu sub episode daripada program Merdeka belajar tersebut, yang tujuannya adalah untuk melatih mahasiswa mengenal hal-hal terkait pendidikan sebelum lulus”, sebutnya. Ediya juga menambahkan, pelaksanaan program ini dimulai pada bulan Maret sampai dengan Juni 2021. “Kita juga berharap mahasiswa dari UNISBA yang terpilih untuk mengikuti program ini turut serta berperan aktif sebagai duta penanganan pandemi covid-19”, imbuhnya. 

 Sementara itu, Eva Nurul Malahayati, salah satu dari tiga Dosen Pendamping Lapang (DPL) mengatakan,  bahwa mahasiswa yang terjun ke sekolah-sekolah terluar, tertinggal dan terdepan nantinya akan didampingi oleh DPL yang sudah ditunjuk oleh Kemendikbud. “Kami akan memberikan pendampingan baik secara langsung maupun daring, untuk membantu teman-teman dalam implementasi program di lapangan, yaitu proses pengajaran, adaptasi teknologi serta manajemen sekolah’. katanya. 

Perwakilan mahasiswa yang turut serta dalam program ini, Niswatul Lutfiana, mengatakan bahwa dirinya bersyukur dengan keberhasilannya. “Apalagi dengan keikutsertaan kami dalam program ini, saya dan teman-teman mendapatkan benefit-benefit yang sangat membantu”. Saat ditanya apa saja benefit yang didapatkan, mahasiswa program studi pendidikan biologi ini menjelaskan dua diantaranya adalah pemotongan 12 Satuan Kredit Semester (SKS) yang harus ditempuh untuk program sarjana serta pemotongan Uang Kuliah Tunggal (UKT).”Pemotongan yang kami dapatkan sampai dengan 100%, jadi kami tidak perlu membayar UKT untuk semester ini”, ujarnya.

Hadir pula dalam acara tersebut adalah Rektor UNISBA Blitar Drs. H Soebiantoro, M,Si. Dalam sambutannya Rektor menyebutkan bahwa mahasiswa yang berpartisipasi dalam program ini nantinya akan menjadi representasi dari UNISBA itu sendiri. “Saya berharap teman-teman dapat menjadi contoh bagi mahasiswa dari kampus-kampus lainnya” ujarnya. Rektor juga berharap hal ini juga berdampak positif terhadap citra lembaga. “Nantinya teman-teman bisa menyebarkan kesan-kesan positif yang telah dirasakan selama menempuh studi di UNISBA ini”, pungkasnya.  

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *