Unisba Blitar-Disperindag Gelar Bimtek Manajemen Keuangan

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Blitar bekerjasama dengan Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar gelar Bimbingan Teknis Manajemen Keuangan Dalam Menekan Harga Pokok Produksi (HPP), di Kampus I Unisba, Jalan Imam Bonjol, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Kamis (12/11/2020).
Kegiatan ini diikuti peserta dari kalangan pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dari beberapa wilayah Kabupaten Blitar. Bimtek dibuka langsung Kepala Bidang (Kabid) Perindustrian Disperindag Kabupaten Blitar, Rony Candra Gunawan didampingi Kepala Program Studi (Kaprodi) Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Unisba Blitar Anwar Hakim Darajad.
“Bimtek ini kita bekerjasama dengan Disperindag. Pesertanya pelaku IKM mayoritas dari Kecamatan Nglegok dan Gandusari,” ungkap Anwar Hakim.
Dikatakan Anwar, maksud dan tujuan kegiatan bimtek manajemen keuangan ini supaya para IKM mengerti dalam proses manajemen keuangan membawa visi dalam kehidupan.
“Visi tersebut berupa inovasi, peluang cara yang lebih baik, berinovatif dalam menjalankan kewirausahaannya juga meraih pendapatan dan laba setinggi-tingginya. Serta mencari sumber dana dengan seefesien mungkin (berbunga rendah, berjangka waktu panjang, persyaratan lunak dan lainnya) dan meningkatkan atau memaksimalkan nilai perusahaan (adanya proses Value Creation),” imbuhnya.
Anwar menambahkan, dengan Bimtek ini diharapkan pelaku IKM bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat di bidang manajemen keuangan. Sehingga kedepanya keuntungan yang mereka dapatkan dari bidang usaha bisa meningkat. Peserta yang mengikuti bimtek ini di antaranya IKM yang bergerak di bidang olahan makanan dan minuman, pertanian dan peternakan.
“Salah satu kunci meningkatkan penghasilan dari bidang usaha adalah dengan menekan harga pokok produksi. Di bimtek ini kita jelaskan kepada mereka. Harapan kita setelah bimtek ini mereka bisa mengaplikasikan ilmu yang didapat untuk mengembangkan usaha. Terlebih di antara mereka adalah IKM yang berada di sekitaran kawasan wisata,” tukasnya.
Sementara itu Kabid Perindustrian Disperindag Kabupaten Blitar, Rony Candra Gunawan menyampaikan, Bimtek Manajamen Keuangan ini merupakan wujud kepedulian Disperindag terhadap pelaku IKM.
“Bimtek manajemen keuangan ini adalah bentuk pembinaan bagi pelaku IKM di Kabupaten Blitar. Dengan bimtek ini diharapkan ke depan pelaku IKM bisa memanajemen keuanganya dengan baik, karena usaha apapun kalau tidak dikelola dengan benar hasilnya tidak akan bagus,” pungkasnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *