BEM dan DPM Unisba Blitar Gelar Kongres Mahasiswa

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar menggelar Kongres Mahasiswa 2020 untuk menyampaikan pertanggungjawaban kegiatan dalam periode kepengurusannya. Agenda tersebebut digelar di Aula kampus I Unisba Blitar, Selasa (10/11/2020). Kongres Mahasiswa Unisba Blitar Tahun 2020 mengusung tema “Reaktualisasi Peran Intelektualitas Mahasiswa untuk mewujudkan kembali karakter-karakter Mahasiswa”.

Agenda ini diikuti seluruh Himpunan Mahasiswa Program Studi dan Unit Kegiatan Mahasiswa di lingkungan kampus Unisba Blitar. Turut hadir dalam agenda pembukaan Rektorat Unisba Blitar dan BEM se Blitar Raya. Kongres mahasiswa dibuka langsung Rektor Unisba Blitar, Soebiantoro.
Panitia kegiatan Kongres Mahasiswa 2020, Sabiqul Khoir mengungkapkan, Kongres Mahasiswa ini digelar di masa situasi pandemi Covid-19 untuk menyampaikan pertanggungjawaban BEM dan DPM Periode masa kerja 2019-2020. Kongres ini juga dalam rangka pemilihan BEM dan DPM periode masa kerja 2020-2021.
“Melihat situasi dan kondisi bahwa pandemi Covid-19 yang tidak memungkinkan pelaksanaan pemilihan raya mahasiswa (Pemira). Akhirnya dengan kesepakatan seluruh pihak, Pemira diganti dengan Kongres Mahasiswa,” ungkap Khoir.
Dikatakanya, Kongres Mahasiswa ini dilaksanakan agar organisasi BEM dan DPM Unisba Blitar tetap berjalan. Jalanya organisasi BEM dan DPM diharapkan dapat meningkatkan kualitas kegiatan kemahsiswaan di lingkungan kampus Unisba Blitar. “Mengingat kepengurusan BEM dan DPM tahun ini telah selesai maka perlu diambil langkah luar biasa yakni dengan Kongres Mahasiswa.
Kongres Mahasiswa yang digelar mendapat dukungan penuh dari Rektorat Unisba Blitar. Rektor Unisba, Soebiantoro dalam kesempatan ini berharap Kongres Mahasiswa tahun bisa memunculkan pemimpin mahasiswa yang bagus dan kredibel.
“Di kondisi carut marutnya Negara, peran dari perguruan tinggi sepertinya belum nampak. Nah, di masa-masa seperti inilah saran dan masukan dari pressure group sangat dibutuhkan. Dalam hal ini mahasiswa harus tampil sebagai pressure group,” tegas Rektor.

Hasil Kongres Mahasiswa menetapkan Ahmad Wahyu Prasetyo dari Prodi Manajemen sebagai Presiden dan Ahmad Marzuki dari Prodi Ilmu Komunikasi sebagai Wakil Presiden. Sementara untuk DPM telah terpilih 18 anggota. Selanjutnya DPM akan menggelar musyawarah untuk memilih ketua dan struktur pengurus.
Rektor berharap pengurus BEM dan DPM yang baru dapat ikut berkontribusi untuk kemajuan kampus Unisba Blitar. Kedepan BEM dan DPM akan digandeng dan dilibatkan secara aktif dalam program-program kampus.
“Saya harapkan BEM dan DPM yang baru dapat memahami visi-misi kampus. Sehingga kampus kita yang diharapkan unggul dalam entrepreneur dan menjunjung nilai-nilai islami dapat terwujud. BEM dan DPM akan kita libatkan di kegiatan pengabdian masyarakat dan kegiatan kemahasiswaan tingkat regional, nasional dan internasional. Semoga nanti mahasiswa kita bisa mengukir prestasi di tingkat dunia,” ucap Rektor.
Ditambahkan Wakil Rektor III Unisba Blitar, Supriono, diharapkan BEM di periode yang baru ini akan lebih memaksimalkan peran Menteri Kewirausahaan, Menteri Dalam Negeri dan Menteri Luar Negeri. Hal ini dikarenakan setelah pandemi Covid-19 nanti Unisba Blitar akan gerak cepat dalam program-program kewirausahaan dan kerja sama dengan lembaga terkait dan kelompok masyarakat.
“Tahun depan kita akan genjot program-program kewirausahaan. Realisasinya tahun depan karena sekarang ini kan masih pandemi. Tahun depan juga ada lomba nasional kewirausahaan, ini nanti butuh peran Menteri Kewirausahaan. Kita juga ada kerjasama-kerjasama, nanti kita butuh peran Menteri Dalam Negeri dan Menteri Luar Negeri, mereka bisa connect dengan tim saya nanti,” tandasnya.
Sementara itu, BEM kepengurusan lama berharap, BEM dan DPM kepengurusan baru yang terpilih bisa meneruskan roda organisasi menjadi lebih baik lagi. “Mengingat masih perlu adanya pemikir pemikir dan pejuang sekaligus pelopor dalam organisasi kemahasiswaan Unisba. Kongres kita laksanakan tepat di tanggal 10 November. Kami harapkan yang terpilih bisa mengambil semangat hari pahlawan untuk ikut memajukan dan membesarkan kampus Unisba Blitar,” pungkas Sabiqul Khoir.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *