Penandatanganan MOU Serta Pengadaan Sekolah Demokrasi Dan Pengembangan Kajian Tata Kelola Pemilu Antara KPU Kota Blitar Dan UNISBA.

LPMFREEDOM – Rabu (08/07/2020) Universitas Islam Balitar (UNISBA) Blitar telah berhasil mengadakan kegiatan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) serta pengadaan sekolah demokrasi dan pengembangan kajian tata kelola pemilu antara KPU Kota Blitar dan UNISBA.
Acara ini dilaksanakan dalam rangka agar ada keterlibatan millenial, utamanya mahasiswa UNISBA dalam acara demokrasi penyelenggaraan pemilihan umum serta secara seremonial adanya naskah kerjasama antara UNISBA. Di dalam penandatanganan MoU itu terdapat program-program yang akan menjadi kerja sama antara kedua belah pihak. Di dalam kegiatan itu tentunya akan diisi dengan orasi ilmiah terkait dengan tata kelola pemilihan tahun 2020.

Setelah diadakan acara tersebut, langkah selanjutnya tinggal mengaktualisasikan pelaksanaan program-program yang sudah direncanakan. Dalam hal ini, KPU berusaha menyukseskan Pemilu tahun ini dengan melibatkan seluruh partisipasi peran dalam pemilihan pemilu yang sesuai dengan tugas pokok fungsinya masing-masing.

“Jadi semisal dari civitas akademika dari teman-teman mahasiswa bisa menjadi penyelenggara yang terlibat sebagai KPPS, PPS, PPK, pemantau atau berada di tim hitung cepat.” Tutur Rochani selaku anggota komisioner KPU.

Selain itu, dengan adanya pandemi COVID-19 yang belum berakhir, secara teknis penyelenggaraan acara sampai hari H, semua kegiatan yang dilaksanakan tentunya dengan mematuhi peraturan protokol kesehatan.

Dalam hal ini, Soebiantoro selaku rektor UNISBA juga menuturkan “diharapkan terdapat adanya peningkatan peran serta dalam pemilu di tanggal 9 Desember nanti, paling tidak partisipasi masyarakat lebih banyak, terutamanya milenial yang baru baru pemula.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *