KODIM 0808/Blitar Beri Wawasan Kebangsaan Mahasiswa Baru UNISBA

Ribuan mahasiswa baru Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar mengawali perkuliahan dengan mengikuti Program Pengenalan Kehidupan Kampus, di Kampus I Unisba, Jalan Mojopahit, Kota Blitar. PKKMB dilaksanakan selama 4 hari mulai Kamis (4/10/2018) hingga Minggu (7/10/2018).

Materi pokok PKKMB salah satunya pemahaman wawasan kebangsaan kepada mahasiswa, Sabtu (6/10/2018). Hal ini merujuk pada petunjuk dan edaran Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, teknologi dan Pendidikan Tinggi tentang PKKMB 2018.

Dalam petunjuk pelaksanaan PKKMB ditetapkan tujuh tujuan yang ingin dicapai antara lain, pertama, PKKMB mengenalkan arti pentingnya kesadaran berbangsa, bernegara, cinta tanah air, lingkungan dan bermasyarakat.

“Berdasarkan panduan dari Kemenristek Dikti, mahasiswa baru harus diberikan wawasan kebangsaaan agar generasi bangsa tidak lupa akan sejarah dan hal-hal terkait lainnya dengan keutuhan bangsa Indonesia,” kata Ketua Panitia PKKMB Unisba Blitar, Achendri M Kurniawan.

Kuliah umum wawasan kebangsaan menghadirkan pemateri dari Kodim 0808/Blitar. Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0808/Blitar, Mayor Inf Rudi Sudjatmiko mengatakan materi yang diberikan bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan para pelajar kepada tanah air, menumbuhkan kesadaran berbangsa dan bernegara, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan kerelaan berkorban bagi negara.

”Tujuan kegiatan ini membentuk karakter pelajar sebagai kepribadian yang disiplin, setia, berbakti dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa agar senantiasa tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya.

Di hadapan para mahasiswa, Kasdim mengajak mereka agar mempunyai mental dan karakter yang baik sebagai generasi penerus serta bebas dari narkoba, miras, aksi tawuran dan pergaulan bebas.

“Menanamkan wawasan kebangsaan bagi generasi muda seperti mahasiswa sangat dibutuhkan saat ini, agar bangsa Indonesia, putra-putri nya bisa lebih mengenal secara mendalam akan negaranya sendiri,” tandasnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *