UNIVERSITAS ISLAM BALITAR
BERITA
Unisba Blitar Gelar Kursus Pramuka Tingkat Dasar
2017-02-21



Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar menggelar Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat dasar (KMD). Kegiatan berlangsung di Kampus I Unisba Blitar, Jalan Mojopahit Kota Blitar, Senin (20/2/2017) hingga Sabtu (25/2/2017).

KMD digelar dengan tujuan memberikan pendalaman materi kepramukaan kepada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Ijazah pramuka merupakan syarat yudisium (kelulusan) bagi mahasiwa FKIP Unisba Blitar.

Sesuai dengan kurikulum K 13 guru harus memiliki ijazah KMD, kata Imazakiatul Maghfiroh atau Imaz, anggota panitia kegiatan, Selasa (21/2/2017).

Menurut Imaz, materi yang disampaikan meliputi dasar kepramukaan seperti tali temali, PBB, yel yel, pioneering dlsb. selain mahasiswa Unisba, kegiatan ini juga diikuti peserta dari luar.

Harapan kami, seusai latihan mahasiswa dan peserta lain dapat mengaplikasikan ilmunya sesuai dengan yang tercantum di UUD Nomor 12 Tahun 2010 tentang Pramuka, jelas Imaz, mahasiswi semester 6 Prodi PGSD Unisba Blitar ini.

Pembina racana Unisba Blitar, Bpk. Setiawan Adi Subagio mengatakan, diharapkan melalui kegiatan ini mahasiswa FKIP yang merupakan calon guru tidak canggung dalam menghadapi dunia nyata jika nanti sudah memasuki dunia kerja sebagai pendidik. Bagi guru, Kepramukaan merupakan modal untuk membimbing siswa.

Ketika nanti sudah menjadi pengajar, mereka akan menghadapi dunia sebenarnya, Bagi seorang guru, menguasai kepramukaan merupakan kewajiban, ungkapnya.

Ditambahkannya, Pramuka membawa hal-hal yang hebat untuk kehidupan dan bisa menghindari seseorang dari kegiatan negatif dengan mengikuti pramuka.

Pramuka memberi kenyamanan karena mengajarkan berbagai ilmu kehidupan yang mampu membentuk generasi muda tanpa politik di dalamnya

Sementara itu, Sekertaris Kwarcap Gerakan Pramuka Kota Blitar, Bpk. Eko Purwanto mengatakan, KMD yang digelar oleh Unisba Blitar kali ini sangat luar biasa.

Setiap tahun Unisba Blitar selalu mengadakan kegiatan semacam ini, tapi kali ini sangat luar biasa karena peserta begitu antusias, mereka aktif bertanya dan semangat mengikuti kegiatan, katanya.

Lebih lanjut pria yang juga menjabat sebagai Anggota DPRD Kota Blitar ini menyampaikan, salah satu syarat menjadi pembina pramuka harus melalui jenjang sertifikasi salah satunya KMD, hingga mempunyai bekal wawasan dan praktis menjadi pembina pramuka.

KMD ini masih ada lanjutanya, berikutnya ada KML, KPD dan terakhir KPL. Setelah KMD ini peserta yang lulus akan mendapatkan ijazah, tutupnya.(*)
gateway
 GATEWAY
Ingin mengetahui lebih dalam tentang Universitas Islam Balitar?
  • Pendaftaran Online
  • Direktori Dosen
  • Direktori Staff
  • Mahasiswa
  • Alumni
  • Orang Tua
  • Pengunjung
  • Downloads
NEWS
Unisba Blitar Gelar Yudisium, Rektor Berharap Lulusan Punya Mimpi Besar Bangun Negara
2018-12-05

Peserta yang mengikuti prosesi yudisium sebanyak 425 orang dari 8 fakultas. Masing-masing Fakultas Teknik 18 orang, Fakultas Pertanian 26 orang, Fakultas Peternakan 31 orang,Fakultas Teknologi Inform...

Dorong Kemajuan Ekonomi Pesantren, APIK dan Unisba Blitar Gelar Semiloka
2018-12-04

Asosiasi Pesantren Indonesia Kreatif (APIK) dan Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar, menggelar Semiloka Ekonomi Kreatif Dalam Perspektif Pesantren, Rabu (14/11/2018), di Kampus I Unisba, Jalan M...

Seminar Multikultural Unisba Blitar, Pegiat Budaya Kanada Beri Inspirasi Mahasiswa untuk Menulis
2018-12-03

Pegiat budaya dari Kanada Nick Walker kembali jadi pembicara di Seminar “Exploring Culture And Literature” yang digelar Pusat Bahasa Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar, Kamis (29/1...

Ikuti Kemah Tani, Mahasiswa Unisba Blitar Siap Sebarkan Abu Padi ke Nusantara
2018-12-02

Perwakilan mahasiswa Program Studi Agroteknologi/Agroekoteknologi Fakultas Pertanian se-Indonesia yang tergabung dalam Formatani berkumpul di Kampus Tegalboto, Universitas Jember. Mereka melaksanakan ...

Laksanakan Pesan Sang Proklamator, Perpus Bung Karno dan Unisba Blitar Gelar Sosialisasi Nasionalism
2018-12-01

Guna meningkatkan wawasan kebangsaan, bela negara, dan nasionalisme, Perpustakaan Proklamator Bung Karno dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar mengg...