UNIVERSITAS ISLAM BALITAR
BERITA
Unisba Blitar Gelar Kursus Pramuka Tingkat Dasar
2017-02-21



Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar menggelar Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat dasar (KMD). Kegiatan berlangsung di Kampus I Unisba Blitar, Jalan Mojopahit Kota Blitar, Senin (20/2/2017) hingga Sabtu (25/2/2017).

KMD digelar dengan tujuan memberikan pendalaman materi kepramukaan kepada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Ijazah pramuka merupakan syarat yudisium (kelulusan) bagi mahasiwa FKIP Unisba Blitar.

Sesuai dengan kurikulum K 13 guru harus memiliki ijazah KMD, kata Imazakiatul Maghfiroh atau Imaz, anggota panitia kegiatan, Selasa (21/2/2017).

Menurut Imaz, materi yang disampaikan meliputi dasar kepramukaan seperti tali temali, PBB, yel yel, pioneering dlsb. selain mahasiswa Unisba, kegiatan ini juga diikuti peserta dari luar.

Harapan kami, seusai latihan mahasiswa dan peserta lain dapat mengaplikasikan ilmunya sesuai dengan yang tercantum di UUD Nomor 12 Tahun 2010 tentang Pramuka, jelas Imaz, mahasiswi semester 6 Prodi PGSD Unisba Blitar ini.

Pembina racana Unisba Blitar, Bpk. Setiawan Adi Subagio mengatakan, diharapkan melalui kegiatan ini mahasiswa FKIP yang merupakan calon guru tidak canggung dalam menghadapi dunia nyata jika nanti sudah memasuki dunia kerja sebagai pendidik. Bagi guru, Kepramukaan merupakan modal untuk membimbing siswa.

Ketika nanti sudah menjadi pengajar, mereka akan menghadapi dunia sebenarnya, Bagi seorang guru, menguasai kepramukaan merupakan kewajiban, ungkapnya.

Ditambahkannya, Pramuka membawa hal-hal yang hebat untuk kehidupan dan bisa menghindari seseorang dari kegiatan negatif dengan mengikuti pramuka.

Pramuka memberi kenyamanan karena mengajarkan berbagai ilmu kehidupan yang mampu membentuk generasi muda tanpa politik di dalamnya

Sementara itu, Sekertaris Kwarcap Gerakan Pramuka Kota Blitar, Bpk. Eko Purwanto mengatakan, KMD yang digelar oleh Unisba Blitar kali ini sangat luar biasa.

Setiap tahun Unisba Blitar selalu mengadakan kegiatan semacam ini, tapi kali ini sangat luar biasa karena peserta begitu antusias, mereka aktif bertanya dan semangat mengikuti kegiatan, katanya.

Lebih lanjut pria yang juga menjabat sebagai Anggota DPRD Kota Blitar ini menyampaikan, salah satu syarat menjadi pembina pramuka harus melalui jenjang sertifikasi salah satunya KMD, hingga mempunyai bekal wawasan dan praktis menjadi pembina pramuka.

KMD ini masih ada lanjutanya, berikutnya ada KML, KPD dan terakhir KPL. Setelah KMD ini peserta yang lulus akan mendapatkan ijazah, tutupnya.(*)
gateway
 GATEWAY
Ingin mengetahui lebih dalam tentang Universitas Islam Balitar?
  • Pendaftaran Online
  • Direktori Dosen
  • Direktori Staff
  • Mahasiswa
  • Alumni
  • Orang Tua
  • Pengunjung
  • Downloads
NEWS
Wabup Blitar: Unisba Blitar Perguruan Tinggi yang Semakin Luar Biasa
2017-01-22

Wakil Bupati Blitar yang juga Ketua Ikatan Alumni Mahasiswa Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar, bapak Marhaeinis Urip Widodo menilai Unisba saat ini sudah menjadi perguruan tinggi yang luar bi...

Unisba Blitar Sukseskan Rekruitmen Anggota Polri T.A 2017
2017-02-01

Universitas Islam Blitar (Unisba) Blitar mendukung penuh rekrutmen anggota Polri tahun 2017. Guna meningkatkan animo peserta seleksi, Unisba gencar melakukan sosialisasi di kalangan mahasiswa dan alum...

Unisba Blitar Gelar Workshop Pengelolaan Open Journal System
2016-12-16

Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar menggelar workshop pengelolaan Open Journal System (OJS), Jumat (16/12/2016). Workshop ini menampilkan narasumber Prof.Dr.Teguh Budiharso, M.P.d, Dosen seni...

Unisba Blitar Gelar Kursus Pramuka Tingkat Dasar
2017-02-21

Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar menggelar Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat dasar (KMD). Kegiatan berlangsung di Kampus I Unisba Blitar, Jalan Mojopahit Kota Blitar, Senin (20/2/2017) hi...

Unisba Blitar Dorong Kemajuan UMKM lewat Bazar Entrepreneur
2017-01-29

Universtitas Islam Balitar (Unisba) Blitar berupaya mendorong perkembangan majunya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di wilayah Blitar Raya. Langkah itu salah satunya dilakukan melalui Bazar Entre...